Friday, 4 March 2016

Praktikum 1 - Logo 3D 360 (Turn Table Animation) [Animasi 3D]

Tujuan :
Perkenalan dengan dunia 3D melalui pembuatan animasi object berputar 360 derajat atau disebut juga turn table animation.

Alat :

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler

Bahan :
Logo PENS. Silahkan download dari Pedoman Identitas PENS.

Dasar Teori :
Perbedaan antara animasi 2D dengan animasi 3D adalah, jika animasi 2D hanya berupa gambar yang tidak memiliki volume. Sedangkan untuk animasi 3D sudah memiliki volume.
Animasi 2D adalah penciptaan gambar bergerak dalam lingkungan dua dimensi. Hal ini dilakukan dengan urutan gambar berturut-turut atau "frame", yang mensimulasikan gerak oleh setiap gambar menunjukkan berikutnya dalam perkembangan bertahap langkah-langkah.
Animasi 3D adalah objek animasi yang berada pada ruang 3D. Objek animasi ini dapat dirotasikan dan berpindah seperti objek riil.

Tracing adalah teknik penggambaran cepat, baik secara manual atau digital. Biasanya digunakan untuk mempersingkat waktu pembuatan.

Perbedaan ketika membuat animasi 2D di flash dengan ketika kita membuat animasi di cinema 4D adalah ketika di flash kita hanya akan membuat gambar ketika kita di cinema 4D kita bisa menambahkan volume pada object.

Tugas Praktikum :
Buatlah animasi 360 dari logo favorit kalian. Di praktikum kali ini saya menggunakan logo PENS sebagai bahan praktikumnya.

Petunjuk Praktikum :
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum.

1. Tracing Logo menggunakan illustrator
https://www.youtube.com/watch?v=vpu0UT2TICQ
2. Membuat Logo 3D menggunakan Cinema 4D dari file illustator
https://www.youtube.com/watch?time_continue=84&v=8Tb7ztw6o48
3. Membuat animasi 360 derajat
https://www.youtube.com/watch?time_continue=157&v=CT0A98b8YQ8
4. Merender animasi ke dalam file movie (mp4)
https://www.youtube.com/watch?time_continue=104&v=xp5uF9JKFVA

Hasil Praktikum :

1. Proses untuk membuatnya dapat berputar 360 derajat.



2. Proses menyimpan animasi yang sudah dapat diputar 360 derajat tadi.


3. Penyimpanan menggunakan Time Lapse Assembler, tetapi karena di komputer yang saya pakai tidak bisa, saya meminjam komputer teman saya. Berikut adalah hasil setelah di simpan menggunakan Time Lapse Assembler.



Kesimpulan :
Pada praktikum kali ini, saya dapat belajar menggunakan Cinema 4D untuk membuat animasi 3D. Sampai sejauh ini saya belum menemukan kendala tentang cara-cara membuat animasi 3D, semoga kedepannya tetap lancar seperti ini.

Referensi :

No comments:

Post a Comment

Popular Posts