Friday, 11 March 2016

Praktikum 2 - Camera Path, Lighting, dan Material [Animasi 3D]

Tujuan :
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.

Alat :

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler

Bahan :

Logo PENS.

Dasar Teori :

Motion Guide pada flash berfungsi untuk mengarahkan objek saja, sedangkan untuk camera path, kita juga dapat mengarahkan objek dengan efek zoom in dan zoom out.

Physical Sky digunakan untuk memberi pada efek background, sesuai dengan langit pada aslinya. Kita juga dapat menentukan jam brp dan tanggal berapa langit yang kita inginkan tersebut. Area light hanya akan memberi efek cahaya pada daerah yang diinginkan saja.


Contoh material yang saya dapatkan hari ini adalah untuk pemberian warna, gunanya adalah untuk memberikan warna pada objek. Tapi sebelumnya saya sudah mewarnai objek yang saya buat jadi saya tidak meneruskan dengan memberikan material warna tersebut.


Tugas Praktikum :

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan :

1. Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path

2. Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light

Petunjuk Praktikum :

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum :

1. Pergerakan kamera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut dengan spine

https://www.youtube.com/watch?v=q_XqAbhnaVs&feature=youtu.be
2. Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky
https://www.youtube.com/watch?v=PHk3vp0MaWI&feature=youtu.be
3. Menambahkan Lighting menggunakan Area Light
https://www.youtube.com/watch?v=J29DNrprKkk&feature=youtu.be
4. Menambahkan Material
https://www.youtube.com/watch?v=L1dp055v9XM&feature=youtu.be


Hasil Praktikum :

1. Proses pergerakan kamera menggunakan Camera Path

2. Proses penambahan efek pencahayaan menggunakan Physical Sky


3. Proses penambahan efek pencahayaan menggunakan Area Light


Kesimpulan :
Pada praktikum kali ini, saya dapat belajar untuk memberikan efek pergerakan kamera menggunakan Camera Path dan juga penambahan efek pencahayaan menggunakan dua tool yang berbeda, yaitu Physical Sky dan Area Light. Dengan menggunakan Camera Path, kita bisa mengikuti objek yang kita tuju dengan membuat jalur untuk menuju pada objek tersebut. Dapat diketahui juga perbedaan antara Physical Sky dan Area Light adalah jika menggunakan Physical Sky, maka akan menunjukkan efek cahaya yang lebih realistis dengan warna langit itu sendiri. Sedangkan pada Area Light didapatkan efek cahaya pada daerah yang dikehendaki saja.

Referensi :

No comments:

Post a Comment

Popular Posts