Friday, 22 April 2016

Praktikum 7 - Membuat Aset Utama [Animasi 3D]

Tujuan :
Praktikum ini berisi tutorial project yang terdiri dari 5 pertemuan praktikum. Pada pertemuan ini, kegiatannya adalah pembuatan aset utama yang terdiri dari 3D Text dan Capsule.

Alat :
Adobe Illustrator CC
Cinema 4D R16

Bahan :
tanpa bahan

Dasar Teori :
NURBS (Non-Uniform Rational B-Splines) adalah representasi matematis dari objek 2 atau 3 dimensi, yang dapat bentuk standar (seperti kerucut) atau bentuk-bentuk bebas (seperti mobil). NURBS digunakan dalam komputer grafis dan CAD / CAM industri dan telah dianggap sebagai cara standar untuk membuat dan mewakili objek yang kompleks. Selain kurva dan permukaan, NURBS juga dapat mewakili hypersurfaces.

Cara kerja sweep pada cinema 4D adalah setelah kita tambahkan sweep tersebut pada objek, kita akan mendapatkan kesan 3D pada bagian samping objek (sesuai dengan yang dilakukan pada praktikum).

Bump Map adalah bentuk yang paling sederhana untuk membuat tekstur pada permukaan berisi dua tekstur yaitu, peta warna dan peta kedua yang berisi informasi ketinggian untuk permukaan. Biasanya digunakan untuk menghasilkan realisme permukaan yang jauh lebih baik.

Tugas Praktikum :
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan

Petunjuk Praktikum :
1. Extrude text kemudian menambahkan accent menggunakan Sweep NURBS
https://www.youtube.com/watch?v=aGt26tgzRDs
2. Membuat material yang bersifat glossy
https://www.youtube.com/watch?v=ru-p3dtIQbk

Hasil Praktikum :

Hasil setelah ditambahkan accent menggunakan Sweep NURBS



Hasil setelah ditambahkan efek glossy

Kesimpulan :
Pada praktikum kali ini didapatkan ilmu baru tentang bagaimana membuat efek 3D yang lebih terlihat dari samping dengan menggunakan Sweep NURBS dan juga bagaimana untuk mewarnai objek dengan warna yang lebih realistis yang kali ini dengan efek glossy.

Referensi :
https://www.lynda.com/After-Effects-tutorials/Motion-Graphics-Techniques-Creating-Sports-Bumper/161474-2.html
http://www.mohhasbias.com/prak-07-membuat-aset-utama/
http://whatis.techtarget.com/definition/nonuniform-rational-B-spline-NURBS
http://planetpixelemporium.com/tutorialpages/normal.html

No comments:

Post a Comment

Popular Posts