Membuat animasi pertama menggunakan adobe flash professional
Alat :
Adobe Flash Professional CS6Dasar Teori :
Ada beberapa dasar teori yang bisa digunakan sebagai petunjuk (guidance) dalam pembuatan stickman berjalan, antara lain :
- Pose
- Timing
- In Between
- Pose
Berikut adalah pose-pose yang perlu ada dalam sebuah walk. Seringkali disebut dengan walk cycle. Dinamakan cycle karena pose ini dipilih sedemikian rupa sehingga pose terakhir identik dengan pose awal sehingga bisa disusun menjadi sebuah siklus tanpa henti.
Perhatikan bahwa ada 4 pose yang diperlukan, yaitu contact, down, passing dan up. Untuk mempermudah proses belajar, ada baiknya jika fokus pada pergerakan kaki dahulu, kemudian baru dilanjut bagian tubuh yang lain pada kesempatan berikutnya.
- Timing
Timing yang dimaksud adalah jumlah frame yang diperlukan untuk menghasilkan animasi yang diinginkan. Timing juga berhubungan dengan durasi animasi yang diinginkan, apakah cepat atau lambat. Yang perlu diingat, untuk memperlambat animasi, tidak dilakukan dengan cara mengubah setting FPS, akan tetapi dengan cara mengubah jumlah frame yang dibuat. Dalam animasi baik 2D dan 3D, standart FPS adalah 24.
Untuk walk cycle, ada beberapa timing yang bisa digunakan tergantung jenis walk yang diinginkan.
- normal walk : 12 frame (0.5 detik)
- cartoon walk : 8 frame
Timing yang relatif mudah untuk keperluan belajar adalah 8 frame. Dengan spesifikasi berikut :
- pose contact -> frame 1
- pose down -> frame 3
- pose passing -> frame 5
- pose up -> frame 7
- pose contact -> frame 9
Berikut adalah susunan keyframe pada timeline
timing untuk 4 pose walk cycle
Berikut adalah tampilan onion skin dari 4 pose dasar walk cycle
- In Between
4 pose hanya bisa untuk 4 keyframe. Sedangkan untuk walk cycle dengan timing cartoon, perlu 8 frame. Sehingga perlu 4 tambahan frame atau 1 tambahan perantara frame yang biasa disebut dengan in between. Proses pembuatan in between sangat sederhana.
1. Cukup aktifkan onion sehingga bisa tampak keyframe frame sebelumnya dan frame setelahnya.
2. Tambahkan gambar yang mewakili pertengahan dari kedua frame tersebut.
3. Ulangi langkah tersebut untuk menambahkan keyframe pada frame 4, 6 dan 8.
Tugas Praktikum :
- Buatlah sebuah stickman. Bisa menggunakan line tool dengan ketebalan stroke 8
- Animasikan stickman tersebut sehingga terlihat berjalan
Hasil Praktikum :
Kesimpulan :
Dengan memakai metode atau tutorial diatas, mempermudah saya dalam membuat animasi stickman.
Referensi :
No comments:
Post a Comment