Agar lebih dapat mengetahui apa saja bagian-bagian dari Adobe Flash
Dasar Teori :
Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.
Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia' adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.
Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV. Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya
Movie-movie Flash memiliki ukuran file yang kecil dan dapat ditampilkan dengan ukuran layar yang dapat disesuaikan dengan keingginan. Aplikasi Flash merupakan sebuah standar aplikasi industri perancangan animasi web dengan peningkatan pengaturan dan perluasan kemampuan integrasi yang lebih baik. Banyak fiture-fiture baru dalam Flash yang dapat meningkatkan kreativitas dalam pembuatan isi media yang kaya dengan memanfaatkan kemampuan aplikasi tersebut secara maksimal. Fiture-fiture baru ini membantu kita lebih memusatkan perhatian pada desain yang dibuat secara cepat, bukannya memusatkan pada cara kerja dan penggunaan aplikasi tersebut. Flash juga dapat digunakan untuk mengembangkan secara cepat aplikasi-aplikasi web yang kaya dengan pembuatan script tingkat lanjut. Di dalam aplikasinya juga tersedia sebuah alat untuk men-debug script. Dengan menggunakan Code hint untuk mempermudah dan mempercepat pembuatan dan pengembangan isi ActionScript secara otomatis. Untuk memahami keamanan Adobe Flash dapat dilihat dari beberapa sudut pandang, berdasarkan beberapa sumber referensi bahwa tidak ada perbedaan menyolok antara HTML dan JavaScript dimana didalamnya terdapat banyak tools yang dapat diambil dari SWF termasuk ActionScript. Sehingga kode data dapat terjamin keamanannya. Oleh sebab itu, semua kebutuhan data yang terdapat dalam SWF dapat diambil kembali melalui server. Keuntungan menggunakan metode yang sama dengan menggunakan aplikasi web yang standar adalah akan menjamin dan mengamankan penyimpanan dan perpindahan data. [https://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Flash]
Tugas Praktikum :
Mengidentifikasi bagian-bagian yang telah ditandai dan dinomeri pada gambar berikut
Mengidentifikasi bagian-bagian yang telah ditandai dan dinomeri pada gambar berikut
Hasil Praktikum :
Berikut adalah kegunaan dari panel-panel yang telah ditandai
dengan nomer sebagai berikut :
1 : Sebagai petunjuk nama file yang sedang anda buka.
2 : Workspace switcher, berfungsi untuk menganti layout tampilan flash secara keseluruhan.
3 : Terdiri atas edit scene, edit symbol dan zoom.
- Edit
scene berguna untuk memilih scene yang mana yang akan diedit
- Edit
symbol berguna untuk memilih symbol mana yang akan diedit
- Zoom
berguna untuk mengukur besar kecilnya lembar kerja kita
4 : Panel properties dan library berfungsi untuk
memodifikasi besar kecilnya ukuran animasi
yang
akan kita buat nantinya dan juga untuk memudahkan kita untuk
mencari file yang sudah ada.
5 : Adalah lembar kerja, yaitu tempat dimana kita akan
membuat atau menggambar
animasi kita
tersebut.
6 : Ada beberapa bagian yang memiliki fungsi berbeda yang ditandai
dengan nomer ini, yaitu
color,
swatches, align, info, transform, code snippets, component,
motion presets dam project.
- Color berguna untuk mengubah
warna pada objek yang sedang kita kerjakan
- Swatches berguna untuk memilih
warna pada bagian yang telah disediakan
- Align berguna untuk mengatur
letak objek entah itu berada di tengah, pas kanan, pas kiri dan
lain-lain
- Info berguna untuk menunjukan
informasi mengenai letah benda, komposisi warnanya dan
lain-lain
- Transform berguna untuk memutar
atau mengubah derajat objek
- Code
snippets berguna untuk memungkinkan bagi non-programmer untuk menerapkan kode
perintah actionscript 3.0 tanpa perlu menguasai actionscript 3.0
- Component
berguna untuk digunakan untuk
menambahkan objek untuk web application
yang nantinya di publish ke
internet
- Motion
presets berguna untuk menyimpan format animasi yang telah jadi dan siap
digunakan sewaktu-waktu jika diperlukan
- Project berguna sebagai penunjuk objek
7 : Berisi rincian dari panel properties dan library.
8 : Didalam toolbox terdapat macam-macam tool yang bisa kita gunakan untuk
menggambar
objek. Pada adobe flash CS5 toolbox terletak di sebalah kanan area
kerja flash atau bisa kita
ubah terserah yg menurut kita nyaman.. Toolbox ini
terdiri dari beberapa bagian yaitu,
selection tool, drawing tool, painting tool
dan navigasi tool.
9 : Layer berguna untuk menunjukan pada lapisan ke berapa kita mengambar objek tersebut.
Kesimpulan :
Sekarang saya lebih mengetahui bagian-bagian yang ada pada adobe flash, sehingga saya berharap agar lebih lancar lagi ketika akan menggunakkannya.
No comments:
Post a Comment