Thursday, 10 September 2015

Praktikum 2 - Membuat Animasi Stickman Menggunakan Adobe Flash Professional [Animasi 2D]

Tujuan :
Membuat animasi pertama menggunakan adobe flash professional

Alat :
Adobe Flash Professional CS6

Dasar Teori :

Ada beberapa dasar teori yang bisa digunakan sebagai petunjuk (guidance) dalam pembuatan stickman berjalan, antara lain :
   - Pose
   - Timing
   - In Between

   - Pose
Berikut adalah pose-pose yang perlu ada dalam sebuah walk. Seringkali disebut dengan walk cycle. Dinamakan cycle karena pose ini dipilih sedemikian rupa sehingga pose terakhir identik dengan pose awal sehingga bisa disusun menjadi sebuah siklus tanpa henti.


Perhatikan bahwa ada 4 pose yang diperlukan, yaitu contact, down, passing dan up. Untuk mempermudah proses belajar, ada baiknya jika fokus pada pergerakan kaki dahulu, kemudian baru dilanjut bagian tubuh yang lain pada kesempatan berikutnya.

   - Timing
Timing yang dimaksud adalah jumlah frame yang diperlukan untuk menghasilkan animasi yang diinginkan. Timing juga berhubungan dengan durasi animasi yang diinginkan, apakah cepat atau lambat. Yang perlu diingat, untuk memperlambat animasi, tidak dilakukan dengan cara mengubah setting FPS, akan tetapi dengan cara mengubah jumlah frame yang dibuat. Dalam animasi baik 2D dan 3D, standart FPS adalah 24.

Untuk walk cycle, ada beberapa timing yang bisa digunakan tergantung jenis walk yang diinginkan.
   - normal walk : 12 frame (0.5 detik)
   - cartoon walk : 8 frame

Timing yang relatif mudah untuk keperluan belajar adalah 8 frame. Dengan spesifikasi berikut :
   - pose contact -> frame 1
   - pose down -> frame 3
   - pose passing -> frame 5
   - pose up -> frame 7
   - pose contact -> frame 9

Berikut adalah susunan keyframe pada timeline

timing untuk 4 pose walk cycle

Berikut adalah tampilan onion skin dari 4 pose dasar walk cycle


   - In Between
4 pose hanya bisa untuk 4 keyframe. Sedangkan untuk walk cycle dengan timing cartoon, perlu 8 frame. Sehingga perlu 4 tambahan frame atau 1 tambahan perantara frame yang biasa disebut dengan in between. Proses pembuatan in between sangat sederhana.

1. Cukup aktifkan onion sehingga bisa tampak keyframe frame sebelumnya dan frame setelahnya.

2. Tambahkan gambar yang mewakili pertengahan dari kedua frame tersebut.

3. Ulangi langkah tersebut untuk menambahkan keyframe pada frame 4, 6 dan 8.


Tugas Praktikum :
   - Buatlah sebuah stickman. Bisa menggunakan line tool dengan ketebalan stroke 8
   - Animasikan stickman tersebut sehingga terlihat berjalan

Hasil Praktikum :

Kesimpulan :
Dengan memakai metode atau tutorial diatas, mempermudah saya dalam membuat animasi stickman.

Referensi :

Thursday, 3 September 2015

Praktikum 1 - Mengenal Tampilan Adobe Flash Professional [Animasi 2D]

Tujuan :
Agar lebih dapat mengetahui apa saja bagian-bagian dari Adobe Flash


Dasar Teori :
Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.
Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia' adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.
Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV. Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya
Movie-movie Flash memiliki ukuran file yang kecil dan dapat ditampilkan dengan ukuran layar yang dapat disesuaikan dengan keingginan. Aplikasi Flash merupakan sebuah standar aplikasi industri perancangan animasi web dengan peningkatan pengaturan dan perluasan kemampuan integrasi yang lebih baik. Banyak fiture-fiture baru dalam Flash yang dapat meningkatkan kreativitas dalam pembuatan isi media yang kaya dengan memanfaatkan kemampuan aplikasi tersebut secara maksimal. Fiture-fiture baru ini membantu kita lebih memusatkan perhatian pada desain yang dibuat secara cepat, bukannya memusatkan pada cara kerja dan penggunaan aplikasi tersebut. Flash juga dapat digunakan untuk mengembangkan secara cepat aplikasi-aplikasi web yang kaya dengan pembuatan script tingkat lanjut. Di dalam aplikasinya juga tersedia sebuah alat untuk men-debug script. Dengan menggunakan Code hint untuk mempermudah dan mempercepat pembuatan dan pengembangan isi ActionScript secara otomatis. Untuk memahami keamanan Adobe Flash dapat dilihat dari beberapa sudut pandang, berdasarkan beberapa sumber referensi bahwa tidak ada perbedaan menyolok antara HTML dan JavaScript dimana didalamnya terdapat banyak tools yang dapat diambil dari SWF termasuk ActionScript. Sehingga kode data dapat terjamin keamanannya. Oleh sebab itu, semua kebutuhan data yang terdapat dalam SWF dapat diambil kembali melalui server. Keuntungan menggunakan metode yang sama dengan menggunakan aplikasi web yang standar adalah akan menjamin dan mengamankan penyimpanan dan perpindahan data. [https://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Flash]

Tugas Praktikum :
Mengidentifikasi bagian-bagian yang telah ditandai dan dinomeri pada gambar berikut



Hasil Praktikum :


Berikut adalah kegunaan dari panel-panel yang telah ditandai dengan nomer sebagai berikut :

1 : Sebagai petunjuk nama file yang sedang anda buka.
2 : Workspace switcher, berfungsi untuk menganti layout tampilan flash secara keseluruhan.
3 : Terdiri atas edit scene, edit symbol dan zoom.
            - Edit scene berguna untuk memilih scene yang mana yang akan diedit
            - Edit symbol berguna untuk memilih symbol mana yang akan diedit
            - Zoom berguna untuk mengukur besar kecilnya lembar kerja kita
4 : Panel properties dan library berfungsi untuk memodifikasi besar kecilnya ukuran animasi yang
     akan kita buat nantinya dan juga untuk memudahkan kita untuk mencari file yang sudah ada.
5 : Adalah lembar kerja, yaitu tempat dimana kita akan membuat atau menggambar animasi kita
     tersebut.
6 : Ada beberapa bagian yang memiliki fungsi berbeda yang ditandai dengan nomer ini, yaitu color,
     swatches, align, info, transform, code snippets, component, motion presets dam project.
- Color berguna untuk mengubah warna pada objek yang sedang kita kerjakan
- Swatches berguna untuk memilih warna pada bagian yang telah disediakan
- Align berguna untuk mengatur letak objek entah itu berada di tengah, pas kanan, pas kiri dan
  lain-lain
- Info berguna untuk menunjukan informasi mengenai letah benda, komposisi warnanya dan
  lain-lain
- Transform berguna untuk memutar atau mengubah derajat objek
            - Code snippets berguna untuk memungkinkan bagi non-programmer untuk menerapkan kode
              perintah actionscript 3.0 tanpa perlu menguasai actionscript 3.0
            - Component berguna untuk digunakan untuk menambahkan objek untuk web application
              yang nantinya di publish ke internet
            - Motion presets berguna untuk menyimpan format animasi yang telah jadi dan siap
              digunakan sewaktu-waktu jika diperlukan
            - Project berguna sebagai penunjuk objek
7 : Berisi rincian dari panel properties dan library.
8 : Didalam toolbox terdapat macam-macam tool yang bisa kita gunakan untuk menggambar
      objek. Pada adobe flash CS5 toolbox terletak di sebalah kanan area kerja flash atau bisa kita
      ubah terserah yg menurut kita nyaman.. Toolbox ini terdiri dari beberapa bagian yaitu,
      selection tool, drawing tool, painting tool dan navigasi tool.
9 : Layer berguna untuk menunjukan pada lapisan ke berapa kita mengambar objek tersebut.

Kesimpulan :
Sekarang saya lebih mengetahui bagian-bagian yang ada pada adobe flash, sehingga saya berharap agar lebih lancar lagi ketika akan menggunakkannya.

Tuesday, 23 December 2014

Modal Auxiliaries [English]



A : “Guys, I can’t handle this anymore. I need some rest.”
B : “Well, this task is easy but you need time to do it. You should have done it a week ago.”
A : “Well, I would if I didn’t join the music contest.”
B : “You might ask me for my help if you need it, though.”
A : “Well, well right now, I just have to finish this work, right?”
B : “I will go to the store buy some snacks. Need anything?”
A : “May I get some diet coke and some chips?”
B : “Yes, sure. I will buy it.”
A : “Thank You.”

-few minutes later-

A : “B! You have to eat this. Finally, I found the secret snack. It has a unique taste.”
B : “hmmm, wait! Is that a shrimp flavor? I may have an allergic to the shrimp. I should not eat it.”
A : “Oh, come on! Let’s try it a bit! It is worth to try.”
B : “If something happens to me, you must give me more diet cokes.”
A : “Okay.”
B : “This thing is good. But I like it better if we eat it with ketchup.”
A : “Ketchup? Yucks! You must be crazy.”
B : “No, I am not crazy.”
A : “Anyway, have you read this book?”
B : “I did read that book. It was so boring. I’d rather play a game than read that book.”
A : “Uh, It is good, tho. I spend my money in it.”
B : “Well, I should say that it is a good story after that part of killing stuff. It doesn’t make any sense. It has too much science fictional stuff. If they cut that part out, it might be interesting.”
A : “Since I am not the author of the book, I couldn’t help any of it. Where is Sarah? She should have come here.”
B : “Yeah, I tried to call her but She couldn’t be reached by her phone number.”
A : “I am starting to feel worried about her.”
B : “Don’t worry. Maybe she just lost somewhere. She will come later.”
A : “I hope so. Let’s pray for her.”

Saturday, 20 December 2014

Subject Verb Agreement Part 1 [English]

Sentence should be contained with subject + verb
Example : The car in the garage is mine

Basic rule / principal
Singular subject needs singular verb, plural subject needs plural verb
Example : My brother is nutritionist

Rule 1 – indefinite pronouns
Anyone, everyone, someone, somebody, no one is always singular, required a singular verb.
Example : Somebody has left her purse
Exception 1 : all & some
Exception 2 : none
Special case : each

Rule 2 – together with, as well as and along with
Phrases such as together with, as well as and along with are not the same as and. They don’t add or compound the subject.
Example : The mayor as well as his brother, is going to prison 
The mayor and his brother, are going to prison

Rule 3 – subject separated from the verb / appositive
Sometimes modifier will get between a subject and its verb, but these modifiers must not confuse the agreement between the subject and its verb.
Example : The mayor, who bla bla bla bla bla bla, is finally going to jail

Modal Auxiliaries [English]

Ulil : "Hi! Guys, can we talk a minute?"
Rinta : "Sure I can."
Rosi : "Sorry I can't, I'm very busy right now."
Ulil : "Oh come on, you may like it."
Rosi : "I have a lot of homework, don't you see it?"
Rinta : "You had better take a rest. What's your idea?"
Ulil : "Hmm, why we don't go to Paris? We have been working so hard lately."
Rinta : "That's great, isn't it?"
Rosi : "Uhm no, I must finish my work before the deadline. I think it's wasting time, money and far from here."
Rinta : "It will be fun, please? I'm begging you."
Ulil : "You should have waited for this time, right?"
Rosi : "No I don't and stop bothering me! I'm busy."
Ulil : "Okay, we'll talk about it later."
Rinta : "We won't go anywhere without you, let me help you."
Rosi : "No no, just go to Paris with her or whatever."
Ulil : "Ugh, so stubborn!"
Rinta : "Yes she is!"

Popular Posts