Praktikum ini bertujuan untuk mengenal teknik 3D modeling yaitu Polygon Modeling.
Alat :
Cinema 4D R16
Bahan :
tanpa bahan
Dasar Teori :
Polygon Modeling adalah modeling yang terdiri dari titik, yang jika disambungkan akan membentuk sebuah garis, sehingga jika disambungkan dengan garis lain dapat membentuk sebuah bidang. Bidang yang dibentuk oleh titik, garis maupun bidang ini salah satunya adalah objek primitif yang juga termasuk dalam teknik pemodelan.
Subdivision Surface adalah suatu proses yang digunakan untuk menghasilkan permukaan objek tiga dimensi yang lebih halus dengan membagi masing-masing poligon yang membangun objek tiga dimensi tersebut menjadi sekumpulan polygon-polygon yang lebih kecil dengan tujuan untuk menampilkan representatif visual yang lebih halus pada permukaan objek tiga dimensi.
Tool Smooth Shift (M Y) adalah sebuah tool yang digunakan untuk menghaluskan sebuah path.
Tugas Praktikum :
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan
Petunjuk Praktikum :
1. Target aset yang akan dibuat
https://www.youtube.com/watch?v=8M0gOAJPXSU
2. Membuat bentuk polygon dasar
https://www.youtube.com/watch?v=UfOPSGlT-3U
3. Memperhalus permukaan dengan menggunakan subdivision surface
https://www.youtube.com/watch?v=pu1lWl70SoA
Hasil Praktikum :
Bentuk dasar Polygon
Setelah diperhalus menggunakan subdivision surface
Kesimpulan :
Pada praktikum ke 9 ini saya mengalami kendala pada penggunaan shortcut (U L) dan juga (M Y) karena pada video tutorial tidak terdapat audio, sehingga saya harus bertanya pada teman mengenai hal ini. Video ini diselesaikan pada minggu pengerjaan untuk praktikum 10 dikarenakan adanya hari libur pada minggu yang seharusnya.
Tetapi selebihnya tidak ada kesulitan yang berarti sehingga saya bisa menyelesaikan praktikum ini tepat waktu.
Tetapi selebihnya tidak ada kesulitan yang berarti sehingga saya bisa menyelesaikan praktikum ini tepat waktu.
Referensi :
http://www.mohhasbias.com/prak-09-membuat-aset-sekunder-capsule/
No comments:
Post a Comment